Jln. Pahlawan No. 1 Magetan

WAKIL KETUA I DPRD HADIRI FORUM KONSULTASI PUBLIK RANWAL RKPD KABUPATEN MAGETAN 2023.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Rabu, 19 Januari 2022, Wakil Ketua I DPRD dr. Pangajoman, M.M menghadiri Forum Konsultasi Publik, Rancangan Awal RKPD Kab Magetan di Ruang Jamuan, Rumah Dinas Bupati Magetan.


Forum Konsultasi Publik ini adalah momen yang strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis pada tahun 2023, seperti pengentasan kemiskinan dan penanggulangan warga berkebutuhan khusus (disabilitas), penyelamatan lingkungan (pengendalian banjir dan genangan, penanaman/penghijauan daerah kritis, dan tangkapan air beserta sumber air), pengembangan kawasan wisata, serta pembangunan infrastruktur, konektivitas dan informatika.
Tujuan dari kegiatan ini untuk menginventarisasi permasalahan yang terjadi di masyarakat dan menjaring aspirasi masyarakat sebagai bahan dalam penyusunan RKPD Kab Magetan Tahun 2023 dan Renja OPD Tahun 2023.

Menurut dr. Pangajoman, M.M :” Bagi Magetan RKPD 2023 adalah istimewa karena RKPD tahun ke 5 (tahun terakhir) pencapaian Visi Misi Pemerintah Kab Magetan seperti yang telah dijabarkan di RPJMD. Tentu saja hal tersebut tidak mudah karena didalam perjalanan mewujudkan target pembangunan mangalami perlambatan akibat terjadinya bencana nasional, bahkan internasional, yaitu pandemi Covid 19, dan dampak dari Covid 19 ini masih akan terus mewarnai kebijakan-kebijakan pembangunan pada tahun 2023.
Sesuai RPJMD tema pembangunan tahun ke 5 adalah Peningkatan Ekspansi Pasar Untuk Memperkokoh Eksistensi Produk Lokal. DPRD berharap bahwa dalam rangka meningkatkan expansi pasar, upaya-upaya yang dilakukan selain promosi, kemasan produk harus menarik, juga perlu kita eksplorasi berbagai hal berkaitan dengan produk.
Begitu juga dengan tempat wisata, selain yang strategis, alangkah baiknya destinasi wisata yang tidak strategis bisa dijadikan strategis dan menarik dengan memperbaiki infrastruktur dan kebersihannya”.
Hasil konsultasi publik ini diharapkan dapat menyusun RKPD dan Renja OPD 2023 yang memprioritaskan program yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat menjawab permasalahan di masyarakat.